PERSOALAN
transportasi yang sering dihadapi terutama di kota-kota besar seperti
Jakarta dengan permasalahan ke-macet-an di jalan raya yang sudah sangat
'akut', sementara di daerah perdesaan belum seluruhnya ruas jalan yang
ada dilapisi aspal hotmix untuk kenyamanan berkendaraan, mungkin
menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar desain mobil karya
anak bangsa ini memiliki dimensi yang relatif kecil dibandingkan mobil
konvensional buatan asing, selain mungkin menimbang harga yang lebih
terjangkau bagi mereka yang membutuhkannya.
Meskipun
tidak seluruh komponen mobil-mobil tersebut asli buatan Indonesia,
namun patut dicatat bahwa sejak dari desain hingga perakitan kendaraan
tersebut seluruhnya dikerjakan oleh tangan-tangan ahli anak bangsa.
Namun ke depan dapat diharapkan bahwa all component kendaraan tersebut
asli made in Indonesia.
Berikut beberapa mobil buatan tangan anak Indonesia yang layak untuk ditampilkan :
1. Mobil Kancil

Kancil (singkatan dari Kendaraan
Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah
kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan
dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra
Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj
dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau
diproduksi di wilayah Jakarta
2. MOBIL ESEMKA

Mobil yang satu ini hebatnya
justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian
yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van.
Pada gambar di bawah ini merupakan Mobil Esemka SUV buatan siswa-siswa
SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan tidak kurang dari 50 siswa SMK
Singosari Malang dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 175 Juta dalam
pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka yang lainnya dikerjakan oleh
SMK-SMK lainnya. Untuk harganya anda cukup mengeluarkan uang 80 Juta
saja untuk mendapatkan mobil Esemka ini
3. MOBIL KOMODO


Nama Komodo disematkan bukan
karena bentuk mobilnya yang seperti Komodo, namun lebih pada fungsinya
yang seperti Komodo, yakni selain kuat, Komodo bisa hidup di dua alam
sekaligus. Seperti namanya, jangankan di lumpur, di air sekalipun Komodo
sudah teruji kehandalannya.
Mobil Komodo adalah garapan PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat. Komodo hanya mampu membawa 2 orang penumpan
4. MOBIL TAWON

Mobil imut ini buatan PT Super
Gasindo Jaya. Mobil Tawon ini sudah mampu membawa 4 orang dan dibanderol
dengan harga 48 Juta. Dengan kapasitas mesin 650 cc dan mampu mencapai
kecepatan hingga 85 km/jam! Diperkirakan mobil ini akan menggantikan
bajaj2 di Jakarta dan jg akan diproduksi secara massa
5. MOBIL ARINA

Mobil Arina ini kapasitas
mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu dipacu sampai dengan 70
km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat yaitu mencapai 40 km untuk 1
liter bensin.
Mobil Arina, yang merupakan
singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang
(Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi
100 persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal
berada di bawah Rp 30 juta
6. MOBIL GEA

GEA merupakan singkatan
dari(Gulirkan Energi Alternatif). Nama GEA diberikan karena mobil yang
bentuk dan spesifikasi mesinnya sangat mirip Nano tersebut memakai bahan
bakar gas yang dijamin bisa ramah lingkungan. Jika diberi izin
pemerintah, PT Inka memprediksi bisa memberi harga GEA pada banderol Rp
45 juta – Rp 50 juta per unit.
Mesin GEA ini berkapasitas 650 cc dan telah diuji telah menempuh 10 ribu km dengan kecepatan 85 km per jam
7. MOBIL WAKABA

Pengembangan mobil WAKABA
singkatan dari Wahana Karya Bangsa ini dilakukan di Universitas Pasundan
dengan melibatkan tiga orang peneliti dan 12 mahasiswa universitas
Pasundan. Dana pengembangannya selain dari Pemda Jawa Barat, juga dari
kementrian ristek serta Unpas dan Working Group yang menghabiskan dana
lebih dari Rp 200 juta.
Mobil kecil itu bermesin bensin
500 cc. Mesin yang dipakai mesin buatan BPPT Kemetrian Riset dan
Teknologi, dengan tingkat kecepatan yang low speed
8. MOBIL MARLIP

Selain mobil-mobil berbahan
bakar konvensional di atas, ternyata jauh-jauh hari anak-anak Indonesia
sudah merancang mobil listrik. Adalah Mobil bertenaga listrik produksi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) —disebut MARLIP (marmut
listrik LIPI)

Comments :
0 komentar to “8 Mobil Buatan Tangan Anak Indonesia”
Post a Comment