PERSOALAN
  transportasi yang sering dihadapi terutama di kota-kota besar seperti 
 Jakarta dengan permasalahan ke-macet-an di jalan raya yang sudah sangat
  'akut', sementara di daerah perdesaan belum seluruhnya ruas jalan yang
  ada dilapisi aspal hotmix untuk kenyamanan berkendaraan, mungkin 
menjadi  salah satu alasan mengapa sebagian besar desain mobil karya 
anak bangsa  ini memiliki dimensi yang relatif kecil dibandingkan mobil 
konvensional  buatan asing, selain mungkin menimbang harga yang lebih 
terjangkau bagi  mereka yang membutuhkannya.
Meskipun
  tidak seluruh komponen mobil-mobil tersebut asli buatan Indonesia,  
namun patut dicatat bahwa sejak dari desain hingga perakitan kendaraan  
tersebut seluruhnya dikerjakan oleh tangan-tangan ahli anak bangsa.  
Namun ke depan dapat diharapkan bahwa all component kendaraan tersebut  
asli made in Indonesia. 
Berikut beberapa mobil buatan tangan anak Indonesia yang layak untuk ditampilkan : 
1. Mobil Kancil 

Kancil (singkatan dari Kendaraan
  Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah 
 kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan  
dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra  
Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj  
dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau 
 diproduksi di wilayah Jakarta
2. MOBIL ESEMKA 

Mobil yang satu ini hebatnya  
justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian 
 yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. 
 Pada gambar di bawah ini merupakan Mobil Esemka SUV buatan siswa-siswa 
 SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan tidak kurang dari 50 siswa SMK  
Singosari Malang dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 175 Juta dalam  
pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka yang lainnya dikerjakan oleh
  SMK-SMK lainnya. Untuk harganya anda cukup mengeluarkan uang 80 Juta  
saja untuk mendapatkan mobil Esemka ini
3. MOBIL KOMODO 


Nama Komodo disematkan bukan  
karena bentuk mobilnya yang seperti Komodo, namun lebih pada fungsinya  
yang seperti Komodo, yakni selain kuat, Komodo bisa hidup di dua alam  
sekaligus. Seperti namanya, jangankan di lumpur, di air sekalipun Komodo
  sudah teruji kehandalannya.
Mobil Komodo adalah garapan PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat. Komodo hanya mampu membawa 2 orang penumpan 
4. MOBIL TAWON 

Mobil imut ini buatan PT Super  
Gasindo Jaya. Mobil Tawon ini sudah mampu membawa 4 orang dan dibanderol
  dengan harga 48 Juta. Dengan kapasitas mesin 650 cc dan mampu mencapai
  kecepatan hingga 85 km/jam! Diperkirakan mobil ini akan menggantikan  
bajaj2 di Jakarta dan jg akan diproduksi secara massa
5. MOBIL ARINA 

Mobil Arina ini kapasitas  
mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu dipacu sampai dengan 70  
km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat yaitu mencapai 40 km untuk 1  
liter bensin.
Mobil Arina, yang merupakan  
singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang
  (Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi 
100  persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal  
berada di bawah Rp 30 juta 
6. MOBIL GEA 

GEA merupakan singkatan  
dari(Gulirkan Energi Alternatif). Nama GEA diberikan karena mobil yang  
bentuk dan spesifikasi mesinnya sangat mirip Nano tersebut memakai bahan
  bakar gas yang dijamin bisa ramah lingkungan. Jika diberi izin  
pemerintah, PT Inka memprediksi bisa memberi harga GEA pada banderol Rp 
 45 juta – Rp 50 juta per unit.
Mesin GEA ini berkapasitas 650 cc dan telah diuji telah menempuh 10 ribu km dengan kecepatan 85 km per jam 
7. MOBIL WAKABA 

Pengembangan mobil WAKABA  
singkatan dari Wahana Karya Bangsa ini dilakukan di Universitas Pasundan
  dengan melibatkan tiga orang peneliti dan 12 mahasiswa universitas  
Pasundan. Dana pengembangannya selain dari Pemda Jawa Barat, juga dari  
kementrian ristek serta Unpas dan Working Group yang menghabiskan dana  
lebih dari Rp 200 juta.
Mobil kecil itu bermesin bensin 
 500 cc. Mesin yang dipakai mesin buatan BPPT Kemetrian Riset dan  
Teknologi, dengan tingkat kecepatan yang low speed 
8. MOBIL MARLIP 

Selain mobil-mobil berbahan  
bakar konvensional di atas, ternyata jauh-jauh hari anak-anak Indonesia 
 sudah merancang mobil listrik. Adalah Mobil bertenaga listrik produksi 
 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) —disebut MARLIP (marmut  
listrik LIPI)
 

 




 


 

Comments :
0 komentar to “8 Mobil Buatan Tangan Anak Indonesia”
Post a Comment