Tuesday, August 7, 2012

Tips Mudik Lebaran 2012 - PART 1




Musim yang kita kenal diseluruh dunia cuma ada 4 tapi ada 1 musim yang hanya ada di NEGARA KITA TERCINTA YAITU MUSIM MUDIK LEBARAN :) :)


Dan seperti biasa, setelah Ramadan, ada Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari raya paling gegap gempita. Hari Raya Idul Fitri atau lebaran adalah hari raya umat Islam, dimana kebanyakan orang bersilaturahmi dan kumpul keluarga di kampung halamannya. Untuk arus mudik dari Jakarta saja diperkirakan akan ada 2.4 juta orang yang akan mudik ke berbagai kota. Bisa dibayangkan, pada saat yang bersamaan, jutaan manusia berseliweran dari satu kota ke kota yang lain, dan yang terjadi adalah: macet dan penumpukan penumpang di banyak jenis terminal dan pelabuhan.

Hari raya idul fitri, diperkirakan jatuh pada hari Minggu atau Senen 19 – 20 Agustus 2012. Lebaran tahun ini memang kemungkinan juga akan ‘berbeda’ hari, karena wakttu memulai puasa juga ada yang tanggal 20 Juli dan sebagian besar tanggal 21 Juli 2012. Libur idul fitri, jika dihitung dengan hari Sabtu, Minggu dan juga cuti bersama, mulai dari tanggal 17 – 22 Agustus 2011. Mulai masuk tanggal 23 Agustus hari Kamis, hhmmm berpotensi hari kejepit dan banyak yang ngambil cuti untuk sekalian penuh sampai tanggal 26 Agustus 2012. Ini ada beberapa tips yang biasa saya terapkan jika mudik:

TAHAP PERENCANAAN

Tahap ini dimulai jauh-jauh hari  sebelum pelaksanaan mudik sehingga memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan segala sesuatunya.

1. Cek Keuangan. Cukupkah uang yang tersedia dipakai untuk mudik dengan segala tetek-bengeknya yang meliputi :
  • Biaya perjalanan, baik dengan pesawat udara, angkutan umum laut, angkutan umum darat maupun membawa kendaraan sendiri ( harus dihitung untuk biaya pulang -pergi)
  • Biaya ditempat tujuan : angpao untuk orangtua, sanak famili plus oleh-oleh untuk mereka, angkutan lokal.
  •  Bagi yang menggunakan angkutan umum, baik bis, kereta api, kapal laut maupun pesawat udara, pesanlah tiket jauh hari sebelumnya. Untuk kereta api, kapal dan bis, biasanya tidak bisa pesan tiket jauh hari sebelumnya, tapi cobalah pesan menggunakan travel agent yang biasanya mempunyai hubungan ke beberapa perusahaan bis sekaligus, sehingga kemungkinan untuk dapat tiket lebih banyak. Dua minggu sebelum puasa, sudah merupakan saat yang tepat untuk memesan tiket perjalanan anda, untuk itu, rencanakanlah perjalanan anda jauh hari sebelumnya. Bandingkan harga tiket antar moda transportasi, kadang kita bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tiket KA. Sistem reservasi tiket pesawat lebih canggih dengan floating harga yang otomatis, sedangkan tiket KA biasanya disamaratakan dengan kenaikan tuslah sekitar 20-25% dari hari biasa pada H-7 dan H+7.
2. Cek waktu. Berapa hari waktu yang tersedia untuk mudik, khususnya bagi pekerja, kuliah atau sekolah agar tidak sampai membolos.

3. Pilih Rute Mudik ( kendaraan mobil / motor ). sebelum mudik pastikan rute atau jalur mana yang pasti anda akan lalui pilih berdasarkan info baik kondisi jalan, kepadatan jalan, dan ini berpengaruh pula untuk pemilihan waktu keberangkatan. ada banyak jalur yang bisa dipilih untuk menuju jawa tengah dan jawa timur yaitu jalur tengah, jalur selatan dan yang lebih umum jalur pantai utara ( PANTURA ). anda bisa menggunakan bantuaan alat penunjuk arah seperti PETA, GPS, aplikasi MAP pada handphone ( android atau blackberry ) untuk memandu jalan.

Hati -Hati dengan jalur alternatif yang di tunjukan arah petunjuk jalan jika tidak tahu persis jalanan tersebut sebaiknya hindari jalur alternatif tersebut, karena biasanya kondisi jalan akan sangat membahayakan baik kondisi jalan dan fasilitas ( SPBU, PENERANGAN JALAN DAN TAMBAL BAN ) yang kurang atau bahkan tidak ada.

4. Pengamanan rumah. Yakinkan bahwa sebelum mudik rumah beserta isinya sudah disiapkan pengamanannya misalnya kunci-mengunci, pengamanan listrik, kompor dan lain sebagainya. Hal ini penting agar selama mudik anda bisa tenang dan tak terlalu memikirkan rumah lagi. Bagi yang tinggal di suatu kompleks perumahan biasanya ada anjuran untuk melaporkan ke security guna didata sehingga bisa dilakukan patroli dan pengawasan.

5. Komunikasi. Beritahu rencana mudik anda ke orang-orang di tempat tujuan mudik. Jangan bilang : “Kami akan memuat kejutan kok, jadi nggak perlu memberitahu”. Anda akan terkejut sendiri manakala orang yang akan diberi kejutan ternyata tidak berada dirumah karena sedang mudik atau bepergian ke tempat lain. Lebih mlongo lagi jika mereka justeru sedang dalam perjalanan kerumah anda.

6. Cek sarana. Lakukan pengecekan disertai penyiapan sarana yang akan digunakan untuk mudik, antara lain kendaraan, tiket, ID card (KTP/KTA, SIM) , surat-surat kendaraan ( STNK) dan lain sebagainya.

7. Kesiapan mental dan fisik. Pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan “siap mudik”. Jika dalam keadaan sakit agar segera berobat sehingga sebelum pelaksanaan mudik kondisi fisik sudah sehat..

oke untuk para kawan semua, segini dulu yang saya bisa sampaikan karena sebelum ke TAHAP PELAKSAAN anda harus mematangkan dulu tips TAHAPAN PERSIAPAN dari saya ini. nati kita lanjut lagi oke.





This share facebook

Comments :

Comments
0 Comments

0 komentar to “Tips Mudik Lebaran 2012 - PART 1”


Post a Comment

 
create logo

About Me